Home

Kepuasan Dosen dan Tendik

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

KEPUASAN DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN FAKULTAS KOMPUTER DAN MULTIMEDIA

 2019/2020

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FAKULTAS KOMPUTER DAN MULTIMEDIA (FKOM) UNIVERSITAS ISLAM KEBANGSAAN INDONESIA

 

2020


LAPORAN

KEPUASAN DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN FAKULTAS KOMPUTER DAN MULTIMEDIA

  1. Pendahuluan

Kepuasan layanan pengelolaan Sumber Daya Fakultas Komputer dan Multimedia (FKOM) UNIKI pada dasarnya merupakan salah satu metode untuk memberi penilaian terhadap system pengelolaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan baik dalam hal pengembangan kompetensi maupun pengembangan  karir.  Secara  struktural,  pengelolaan SDM dilaksanakan oleh Wakil Rektor II Bidang Perencanaan dan  Keuangan yang dikoordinasikan melalui Kepala biro  keuangan,  kepegawaian,  dan  umum, kemudian dilaksanakan oleh Kepala bagian kepegawaian dan umum beserta staf.

Kegiatan  ini bertujuan untuk mengukur tanggapan  Dosen,  tenaga  kependidikan  dan pegawai terhadap layanan pengelola SDM di lingkungan Fakultas Komputer dan Multimedia (FKOM) UNIKI. Disamping itu kegiatan  ini akan mampu memetakan mutu pelayanan di lingkungan Fakultas Komputer dan Multimedia (FKOM) UNIKI dan menjadi dasar perbaikan pengelolaan Sumber Daya Manusia  di lingkungan Fakultas Komputer dan Multimedia (FKOM) UNIKI Bireuen

  • B.     Maksud dan Tujuan

Survey Kepuasan Dosen dilaksanakan secara berkala pada tiap akhir semester yaitu setiap 6 bulan sekali dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kinerja layanan yang terdiri dari 29 poin pertanyaan yang ditujukan kepada dosen masing-masing program studi di Universitas Islam Kebangsaan Indonesia sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan pada dosen dan Tenaga Kependidikan selanjutnya.

C.     Metode

Kepuasan layanan pengelolaan Sumber Daya Manusia pada Fakultas Komputer dan Multimedia (FKOM) UNIKI pada dasarnya merupakan salah satu metode untuk memberi penilaian terhadap system pengelolaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan baik dalam hal pengembangan kompetensi maupun pengembangan karir. Secara struktural, pengelolaan SDM dilaksanakan oleh Wakil Rektor II Bidang Perencanaan dan Keuangan yang dikoordinasikan melalui Kepala biro keuangan, kepegawaian, dan umum, kemudian dilaksanakan oleh Kepala bagian kepegawaian dan umum beserta staf. Survey ini bertujuan untuk mengukur tanggapan Dosen melalui angket kepuasan yang diberikan, tenaga kependidikan dan pegawai terhadap layanan pengelola SDM di lingkungan Fakultas Komputer dan Multimedia (FKOM). Disamping itu survey ini akan mampu memetakan mutu pelayanan di lingkungan UNIKI dan menjadi dasar perbaikan pengelolaan Sumber Daya Manusia di lingkungan Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI)

Instrumen yang dipergunakan berupa kuesioner. Guna memenuhi validitas isi dan bobot instrumen, awalnya dilakukan telaah mendalam tentang poin perguruan tinggi yang berhubungan dengan pelayanan kepada dosen

Survey dilakukan terhadap dosen dan tenaga kependidikan UNIKI Kebangsaan Bireuen sebanyak 82 orang yang dipilih secara acak dengan cara mengirimkan angket. Adapun instrument angket meliputi:

a). Kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke S3; kesempatan untuk mengikuti kursus/pelatihan/seminar/workshop; kesempatan untuk mengikuti studi banding; dukungan dan motivasi pimpinan dalam meningkatkan kompetensi terkait tugas pokok dan fungsi; bimbingan pimpinan untuk pencapaian prestasi kinerja dan kesempatan untuk bekerja sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki

b). Pengembangan karir/jabatan ; ketersediaan informasi dan layanan kenaikan pangkat; kesempatan untuk peningkatan jenjang karir dan penghargaan atas prestasi kerja yang dicapai.

c).  Tugas tambahan terlibat kegiatan kepanitiaan di tingkat kegiatan universitas; kesempatan mendapat pengalaman tambahan melalui kepanitiaan dan penugasan kegiatan luar kampus; pemerataan dalam tugas tambahan; dan dukungan untuk menjadi anggota asosiasi profesi

d).  Mendapatkan  fasilitas kesejahteraan (seperti; pembiayaan bank, investasi, bisnis, dll); informasi penyediaan perumahan, layanan perbankan dan koperasi; dan penghasilan yang layak dengan system penggajian, tunjangan dan remunerasi

e).  Memberikan kesehatan dan sosial meliputi fasilitas layanan kesehatan (seperti askes, bpjs) dan sarana prasarana olah raga untuk peningkatan kebugaran jasmani

f).    Kebutuhan sosial dan keagamaan meliputi layanan kebutuhan social (santunan); fasilitas untuk melakukan ibadah dan kegiatan kerohanian; dan layanan kematian seperti mobil jenazah (ambulans)

g).  Suasana Kerja meliputi kenyamanan lingkungan fisik untuk bekerja (ruangan, meja kursi, komputer); keharmonisan hubungan dengan rekan kerja dalam lingkup unit/ fakultas/prodi Kesempatan untuk menyampaikan keluhan, pendapat dan masukan kepada pimpinan; dan ketersediaan akses IT berkaitan dengan pekerjaan

h).  Penelitian dan pengabdian masyarakat (khusus dosen) meliputi informasi tentang kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat; kesempatan untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kualifikasi yang dimiliki; pelayanan melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat; fasilitas untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dan ketersediaan jurnal terakreditasi sebagai media publikasi ilmiah

Angket yang disusun dengan menggunakan skala A – D ( A= sangat baik; puas; B= Puas ; C = Tidak Puas; D = Sangat Tidak Puas). Kuisioner hasil survey kepuasan kemudian dikelompokkan berdasarkan kriteria responden, yaitu dosen, tenaga kependidikan. Pengelompokkan tersebut dilakukan untuk memudahkan analisis dikarenakan masing-masing kelompok memiliki jenis dan kuantitas layanan yang berbeda. cara yang digunakan untuk menganalisis, yaitu dengan mengakumulasikan jumlah poin setiap parameter yang divisualisasikan ke dalam tabel dan grafik. Indikator penilaian setiap parameter menggunakan rentang bobot nilai A – D dari mulai sangat puas hingga sangat tidak puas.

D.  Waktu danTempat

  1. Waktu, Survey Kepuasan Dosen Terhadap Layanan Dosen dilakukan antara tanggal 12 Juni s/d 19 Juni 2019.
    1. Tempat, Survey Kepuasan Dosen Terhadap Layanan Dosen dilaksanakan di  Fakultas Komputer dan Multimedia di Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Dokumen Kuesioner

ANGKET KEPUASAN

DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

1. Universitas dan Fakultas memberikan informasi dan menyelenggarakan layanan kenaikan jenjang karir.  
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
2. Saya mendapatkan dukungan untuk mengikuti kursus/pelatihan yang dibutuhkan.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
3. Fakultas dan  universitas melibatkan dosen dan tenaga kependidikan dalam pengambilan keputusan penting.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
4. Saya mendapatkan dukungan untuk mengikuti magang/detasering/pencangkokan.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
5. Universitas dan Fakultas mendukung penyediaan perumahan atau transportasi, layanan perbankan dan koperasi.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
6. Saya mendapatkan dukungan untuk menjadi anggota asosiasi profesi/ menjadi anggota Aptikom.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
7. Fakultas dan Universitas memberi kesempatan kepada dosen dan tenaga pependidikan untuk berkarir di luar UNIKI.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
8. Universitas memiliki dan menjalankan sistem seleksi, rekrutmen, orientasi, dan penempatan pegawai.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
9. Saya mendapatkan dukungan untuk mengikuti studi lanjut.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
10. Universitas dan fakultas memiliki dan menjalankan sistem pembinaan pegawai dalam bentuk pemberian penghargaan dan sangsi hukuman.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
11. Saya mendapatkan dukungan untuk mengikuti seminar/workshop.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
12. Universitas dan Fakultas memberikan informasi dan menyelenggarakan layanan kenaikan
  jabatan fungsional dan struktural.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
13. Universitas dan Fakultas memberi penghasilan yang layak untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari dan menabung.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
14. Pimpinan Fakultas menilai dan mengevaluasi pekerjaan yang dilakukan dosen dan tenaga kependidikan.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
15. Saya mendapatkan dukungan dalam meningkatkan kompetensi terkait tupoksi saya.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
16. Universitas memiliki sarana/tempat kerja/tempat ibadah yang layak.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
17. Universitas menyampaikan informasi melalui Fakultas mengenai layanan peningkatan kebugaran jasmani.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
18. Universitas menentukan jenjang karir dosen dan tenaga kependidikan berdasarkan prestasi kerja.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
19. Universitas telah menyelenggarakan system penggajian, tunjangan dan remunerasi yang berkeadilan.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
20. Universitas menyampaikan informasi dan mendukung implementasi sistem jaminan kesehatan dan jaminan sosial lainnya.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
21. Saya dapat berbagi perasaan dan pengalaman dengan rekan kerja saya.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
22. Universitas dan Fakultas memberi penghargaan atas prestasi kerja yang dicapai.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
23. Saya merasa pekerjaan saya memberi makna dalam kehidupan.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
24. Universitas menyediakan layanan kesehatan melalui Poliklinik UNIKI.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
25. Saya merasa berharga di mata teman sejawat.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
26. Pimpinan universitas menanggapi dan menindaklanjuti kritik, saran, dan keluhan yang disampaikan.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
27. Universitas memberikan layanan kebutuhan sosial (santunan) dan layanan kematian (ambulans).
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
28. Saya mendapatkan dukungan untuk mengikuti studi banding/seminar baik di dalam maupun luar negeri.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
29. Pimpinan universitas menjamin penyampaian kritik, saran, dan keluhan secara bebas dan mandiri.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
30. Universitas menyediakan layanan penggunaan fasilitas seperti gedung, bis, sarana olah raga, dan lainnya.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
31. Pimpinan universitas menyediakan sarana komunikasi untuk menyampaikan kritik, saran, dan keluhan.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
32. Universitas menyediakan fasilitas kantor yang memadai untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi saya.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
33. Pimpinan universitas menyampaikan secara jelas tupoksi masing-masing SDM yang berada di bawah koordinasinya.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
34. Dalam lingkungan kerja saya tercipta hubungan antarsejawat yang baik dan
  harmonis.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
35. Saya dapat meminta bantuan teman sejawat saat kesulitan.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
36. Pimpinan universitas bersedia membantu mengatasi persoalan yang dihadapi dosen dan tenaga kependidikan.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
37. Pimpinan universitas menyimak perasaan dan pendapat dosen dan mahasiswa UNIKI.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
38. Saya memiliki sikap positif atas diri saya.
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
39. Saya akan terus bekerja mengabdikan diri dan masa depan saya di UNIKI
  A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas

Lhokseumawe, ………2019

Ttd,

Dekan FKOM

Tabel 1. Nilai Konversi Kepuasan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Nilai Persepsi Nilai Interval Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Mutu Kepuasan Kinerja Unit Pelayanan
1 1,00-1,75 D Sangat Tidak Puas
2 1,76-2,50 C Tidak Puas
3 2,51-3,25 B Puas
4 3,26-4,00 A Sangat Puas

Tabel 2. Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan

  No Pengembangan Kompetensi Tenaga Kependidikan Dosen
Rerata Kinerja Rerata Kinerja
1 Studi lanjut 3,01 Puas 3,25 Puas
2 kursus/pelatihan/ seminar/workshop 3,04 Puas 3,22 Puas
3 studi banding 2,71 Puas 2,99 Puas
4 Dukungan         peningkatan kompetensi 3,02 Puas 3,22 Puas
5 Bimbingan kinerja 3,02 Puas 3,20 Puas
6 Kesempatan untuk bekerja sesuai keahlian 3,01 Puas 3,31 Sangat Puas
7 Informasi tentang jabatan 2,85 Puas 3,04 Puas
8 Informasi dan layanan kenaikan pangkat 2,93 Puas 3,07 Puas
9 Peningkatan jenjang karir 2,87 Puas 3,08 Puas
10 Penghargaan atas prestasi kerja 2,80 Puas 2,92 Puas
11 Keterlibatan    sebagai panitia universitas 2,91 Puas 3,02 Puas
12 Kepanitiaan     dan penugasan kegiatan luar kampus. 2,89 Puas 3,00 Puas
13 Pemerataan tugas tambahan 2,74 Puas 2,99 Puas
14 Dukungan menjadi anggota asosiasi profesi 2,52 Puas 3,02 Puas
15 Informasi fasilitas kesejahteraan 3,01 Puas 3,09 Puas
16 Informasi perumahan, layanan perbankan dan koperasi 2,97 Puas 3,02 Puas
17 Penghasilan yang layak 2,67 Puas 3,15 Puas
18 Fasilitas askes, BPJS 2,91 Puas 3,21 Puas
19 Sarana prasarana olah raga 2,67 Puas 3,02 Puas
21 Fasilitas ibadah dan kegiatan kerohanian 2,86 Puas 3,19 Puas
22 Layanan mobil jenazah 2,75 Puas 3,17 Puas
23 Kenyamanan lingkungan fisik untuk bekerja 2,93 Puas 3,00 Sangat Puas
24 Keharmonisan hubungan dengan rekan kerja 3,10 Puas 3,26 Sangat Puas
25 Kesempatan menyampaikan keluhan, pendapat dan masukan   2,97   Puas   3,13   Sangat Puas
26 Ketersediaan akses IT berkaitan dengan pekerjaan 2,41 Puas 2,94 Sangat Puas
27  Pelayanan penelitian dan pengabdian masyarakat 3,04 Sangat Puas
28  Fasilitas penelitian dan pengabdian masyarakat 2,92 Sangat Puas
29    Ketersediaan jurnal terakreditasi 2,93 Sangat Puas
Rata-rata 89 %  Puas

F.      Analisa

Berdasarkan hasil survey yang terhadap tingkat kepuasaan Dosen dan Tenaga Kependidikan terhadap sistem pengelolaan sumber daya manusia di Fakultas Komputer dan Multimedia (FKOM) UNIKI Bireuen  memang menunjukkan hasil jawaban puas. Namun, terdapat sejumlah masukan yang perlu ditindak lanjuti, antara lain berkaitan dengan 1) kebutuhan kesejahteraan terutama yang berkaitan dengan Informasi penyediaan perumahan. 2) Kebutuhan sosial dan keagamaan terutama yang berkaitan dengan Layanan kematian seperti mobil Jenazah (ambulans) yang masih mengandalkan pihak luar.

G.       Penutup

Demikian laporan survey kepuasan dosen dan tenaga kependidikan ini diperbuat, semoga hasil survey ini bermanfaat untuk perbaikan FKOM UNIKI  di masa yang akan datang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *