Sejarah

FAKULTAS KOMPUTER DAN MULTIMEDIA (FKOM)

Fakultas Komputer dan Multimedia disingkat dengan FKOM merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI). UNIKI merupakan perguruan tinggi swasta pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, dilingkungan LLDIKTI XIII Provinsi Aceh. Perguruan tinggi ini dibawah naungan Yayasan Kebangsaan Bireuen–Aceh, sebagai Badan Penyelenggara. FKOM merupakan hasil penggabungan dan penyatuan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kebangsaan, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Kebangsaan, dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Bangsa, melalui SK Kemnristek Dikti Repubilik Indonesia Nomor : 342/KPT/I/2019, tanggal 30 April 2019. FKOM memiliki tiga program studi yaitu Program Studi Teknik Informatika program sarjana yang didirikan pada tanggal  16 Oktober 2000 berdasarkan surat Menteri Pendidikan Nasional Repoblik Indonesia nomor 221/ D/ O/ 2000,  dan SK Menristekdikti No.342/KPT/I/2019 tentang pendirian/izin penyelenggaraan Universitas Islam Kebangsaan Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 2000, STMIK telah membuka 3 program studi baru yaitu program studi Teknik informatika dengan jenjang pendidikan sarjana (S1),  Teknik Informatika dengan Jengan pendidikan Diploma III dan Manajemen Informatika dengan jenjang pendidikan Diploma III. Ketiga program studi tersebut  diberi izin dengan status terdaftar dengan surat keputusan menteri pendidikan nasional nomor 221/ D/ O/ 2000 telah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran secara mandiri, dengan menggunakan kemampuan yang cukup bagus, yang didukung oleh sarana serta prasarana yang dimiliki. Pembelajaran tersebut disesuaikan dengan tugas perguruan tinggi, yang disebut dengan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu melalui kegiatan pendidikan serta pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Pendidikan FKOM bertujuan:

  1. Terselenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan berjiwa inovatif, unggul dan profesional dibidang teknologi informasi, serta mampu bersaing di setiap wilayah regional dan nasional.
    1. Meningkatkan jumlah lulusan yang berkualitas dan inovatif sesuai dengan trend Teknologi Informasi di tingkat regional.
    1. Terselenggaranya penelitian dan meningkatnya hasil kajian publikasi penelitian dosen.
    1. Memberikan peran kepada masyarakat dan lingkungannya terhadap dampak dari perkembangan Teknologi Informasi melalui pegabdian masyarakat.
    1. Terjalin dan berkembangnya kerjasama dengan berbagai stakeholder serta masyarakat untuk meningkatkan kontribusi perkembangan Teknologi Informasi.

Kenapa Harus Memilih Fakultas FKOM?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan  Komputer.

  • Lapangan kerja sangat luas dengan beragam jenis pekerjaan yang keren, bergengsi, juga menawarkan gaji yang menggiurkan. Menarik kan, Quipperian?
  • Di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, lulusan Ilmu Komputer banyak dibutuhkan baik di instansi pemerintah, BUMN, maupun swasta.
  • Kamu bisa bekerja sebagai ahli Jaringan Komputer dan programmer atau pengembang perangkat lunak seperti web, aplikasi mobile, aplikasi e-learning, juga game setelah lulus dari jurusan Ilmu Komputer.
  • Kalau kamu memiliki jiwa bisnis, kenapa tidak mencoba peruntungan dengan mendirikan perusahaan start-up? Dengan begitu, kamu juga berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja baru.
  • Kamu bisa berkreasi dengan bebas untuk mewujudkan ide-idemu di dunia informasi digital sekarang ini.

FKOM-UNIKI sebagai lembaga Pendidikan:

Komputer dan Multimedia merupakan bidang studi yang identik dengan computer programming dan Jaringan. Quipperian akan dibekali keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak. Jadi, pada dasarnya kamu akan belajar bagaimana cara agar komputer mampu melakukan berbagai hal yang diinginkan penggunanya. Di jurusan ini, ide-ide kreatifmu bisa diwujudkan apalagi di dunia informasi digital yang semakin tak terbatas ini!